Saturday, August 29, 2015

Horee! Ceque Amazon $ 471 Sudah Dikirim ke Rumah Saya

Tahun 2015 adalah awal kebangkitan bisnis online saya. Bertepatan dengan bulan kemerdekaan RI yang ke 70 ini, hati saya berbunga-bunga. Betapa tidak cek (ceque) pertama dari Amazon Us sudah meluncur pada tangal 27 bulan Agustus ini . Dan sekarang dalam perjalanan ke rumah. Mudah-mudahan sampai tepat waktu dan tidak ada kendala. Amin YRA.

Komisi Affilate Amazon Agustus 2015
Pada postingan sebelumnya sudah saya singgung bahwa tanda-tanda peningkatan earning amazon sudah menunjukkan kegembiraan, saat itu sudah mencapai angka USD 320, dan setelah berselang 2 bulan sudah mencapai angka USD 471. Jadi tambah semangat nih. Apalagi di saat cek sejumlah ini lagi dalam perjalanan, masih tersisa di saldo komisi yang belum dicantumkan sejumlah USD 275 lebih. Insya Allah bulan  depan Payput lagi nih, saya mau set dulu limit pembayarannya jadi US 300 ah, biar cek kedua cepat menyusul. Maklum lagi banyak kebutuhan nih. he he.

Perlu rekan ketahui, peningkatan earning affilate amazon ini saya dapatkan setelah menggunakan video youtube sebagai media marketingnya. Dulu hanya mengandalkan blog namun tak ada hasilnya. Tapi memang sih bukan salah blog, itu murni salah saya yang males ngeblog dan ingin cuma menggunakan blogspot yang gartisan, dan ingin menggunakan AGC atau autoblog yang cepat digandakan dan contennya diisi secara otomatis. Tapi ternyata cara ini gak membuahkan hasil sama sekali. Seperti yang saya singgung sebelumnya hanya 1.05 dolar selama 4 tahun. Gimana tidak? Wong saya cuma punya satu aoutoblog sbelum uncle Google menerapkan alogaritma penguin dan panda yang menyebabkan blog2 bertipe itu tumbang.

Ok, itu kan kisah masa lalu dari seorang yang terhipnotis dengan istilah blogger malas dan menjadi males beneran dalam membuat blog-blog untuk market produk-produk amazon. Apalagi blog2 itu harus diisi dengan konten berbahasa Inggris yang unik dan bukan copy paste. Maka sejak 3 tahun lalu aktifitas blogging saya mengalami stagnant . Dan setelah dapat ilham dan terdorong ingin dapat penghasilan online saya pun mulai bangkit dari stagnasi pada awal 2015 ini dan mulai menggunakan Youtube sebagai media. Dan ternyata hasilnya lumayan setiap bulan dapat penjualan melalui link affilate saya dan tentu sekali saya dapat komisi. Buahnya ya seperti di atas.

Nah bagi anda yang saat ini ingin dapat komisi affilate dari amazon dan tidak bisa nulis konten berbahasa Inggris , juga males berternak blog dan mengupdete kontennya setiap saat, apalagi dengan kemampuan bahasa inggris yang sangat terbatas, maka media Youtube bisa menjadi alternatif dan lebih cepat serta lebih memungkinkan anda berhasil. Sebagai contoh, beberapa hari yang lalu dalam sehari ada yang membeli produk amazon melalui link affilate saya senilai hampir 2000 US dan saya dapat komisi dari penjualan ini kurang lebih USD 114. Mantap kan?

Wednesday, July 22, 2015

Gajian ke Dua Google Adsense $ 147.11 Lumayan Dech


Alhamdulillah bro! Hari ini saya dapat gajian ke dua dari google adsens, lumayan sih: $ 147.11 dollar. Apalagi saat ini dolar sudah mencapai 13.000 RP lebih. Jadi diperkirakan 1.900.000.

Gajian ke dua ini ana dapat setelah 2 bulan setelah menerima gajian pertama sejumlah 240 dollar lebih. Meskipun yang pertama payoutnya besar tapi peride untuk mendapatkan jumlah itu lumayan lama, 4 tahun he he. Sedangkan payout yang kedua ini meskipun jumlahnya lebih kecil hanya 147.11 dollar namun periodenya cuma dalam tempo 2 bulan.

Jadi saya berkesimpulan dengan fokus pada platform Youtube, earning saya bisa meningkat drastis dibandingkan dengan ngeblog yang lebih menguras tenaga dan pikiran karena harus mengudate terus konten blog yang sesuai dengan SEO. Berhubung pilihan ini agak melelahkan dan hasilnya kurang greget terutama bagi saya pribadi yang agak males dan sibuk dengan pekerjaan utama, ya saya akhirnya mengutamakan fokus ke platform ke dua yang terbukti lebih cepat mendatangkan earning.

Youtube memang dahsyat. Dia bisa mendatangkan traffic ke video kita dengan cepat, apalagi kalau video kita menarik dan seru!

Traffic yang disedot Youtube bisa bersumber dari youtube search sendiri, bisa dari google search, bisa dari suggesting video, bisa juga dari video2 kita yang dishare oleh audiences. Tanpa menunggu berhari-hari, jika video kita eye catching  bisa langsung dapat penonton yang banyak.

Screenshot earning adsense periode Juli 21-2015
  
Cuma saja kalau bermain dengan Youtube artinya harus siap2 mengupload vidieo banyak, yang artinya lagi butuh koneksi internet dan gigabyte data yang lumanyan besar.  Tapi bisa pula dengan cara me remix video-video yang sudah ada di Youtube yang bebas hak cipta atau berlabel CC. Namun untuk cara ini monetisasinya tidak mulus bisa 70 % berhasil.

Yang terbaik adalah video hasil karya sendiri dan unik. Saya sendiri bukan ahli dalam membuat video, namun menggunakan video yang ada buatan orang lain dengan sedikit mengedit agar bisa dimonetisasi. Dan lumayan berhasil hingga 90 %.


Tuesday, June 9, 2015

Ahmadulillah Hari ini Saya Cek Hasil Affilate Amazon Saya 320 US Dolar


 Setelah lama mencari platform cara bermain sebagi affilate Amazon, akhirnya nemu juga cara yang lumayan ampuh dan terbukti menghasilkan sampai saat ini 320 US dolar. Luamayan kan?  Tapi jangan GR dulu, ini hasil saya dapatkan setelah bermain sebagai afiliate amazon sejak empat tahun lalu (th 2011) he he. Tapi itu memang saya akui karena tidak fokus dan cendrung mencari jalan pintas tas.. tas!

Saya ingat waktu pertama kali  dapat earning jumlahnya sekitar 1,05 dolar dari sebuah autoblog yang saat itu saya buat dari hasil belajar dari tutorial yang dibagikan gratis salah satu mastah Internet marketer karena saya memasukkan nama dan email sebagai subciber di mail listnya, dan lambat laun saya pun terjaring untuk menjadi anggota berbayar saat itu dengan mengeluarkan uang 2 jutaan.

Ya salaam , kata orang Arab, kalau heran dengan sesuatu! Dan setelah mendownload segudang tutorial dan melalapnya seperti lalapan, dan belajar lagi dari mastah lainnya dengan menjadi anggota premium, eeh gak ada yang netas telor emas dari ayam internet, padahal semula sudah bermimpi jadi jutawan bahkan milyarder internet. Itu lantaran saya terus mecari dan mencari cara yang lebih gampang dan jalan pintasnya. Namun ternyata perubahan demi perubahan dari google yang menerapkan alogaritma panda, pinguin dan tetek bengek lainnya, blog-blog yang berplatform autoblog tertendang semua dari google indeks. Cara-cara autoblog tidak lagi manjur untuk menjaring dolar dari internet baik dengan adsens maupun affilate.

Akhirnya vacum dech sebagai affilate amazon selama tiga tahun sejak earning yang pertama itu gak bertambah-tambah lagi.  Dan baru di awal tahun 2015 ini tiba-tiba semangat bangkit lagi. Ternyata ada formula gratis yang bisa datangkan hasil. Buka gak rahasianya ya?  Ok dech buka aja! Saya gunakan Youtube, dan gak pake lama , earning amazon saya meningkat bulan demi bulan, mulai dari 3 dolar, naik lagi 5 dolar kemuadian 15 dolar dan seterusnya 50 - 100 dolar. Lumayan kan? Akhirnya saya rubah setting payoutnya dari 100 menjadi 500 dolar, biar nanti kalau nerima cek - insya Allah - lebih terasa manfaatnya.

Yang ingin saya sampaikan di sini, ternyata benar kata mastah-mastah, harus fokus dan jangan berharap kaya mendadak dari internet. Tetapi kita bisa kaya dari internet bila ulet, fokus dan kreatif serta mau menerapkan prinsip-prinsip berbisnis sebagai mana halnya pada bisnis ofline.

Sunday, June 7, 2015

Gajian 246 US Dolar Pertama dari Google Adsense Nikmat Man!

Kebayang gak tuh bro dan sister. Betapa beratnya perjuangan saya untuk mendapatkan earning dari google adsense , setalah empat tahuh berkutat mencoba ngeblog dan memasang script adsense di blog-blog gratisan yang saya punya, gak banyak sih , cuma tiga blog, akhirnya saya bisa pay out dengan earning 246 $ atau sekitar (3.100.000 RP).

Kok lama sekali ya? Ya itu mencerminkan kemalasan dan kurang action dari saya dalam beternak blog dengan platform yang lebih search engine friendly. Sekarang dari 3 blog yang saya punya satu telah di banned dan tidak bisa dipasangin script adsene, dan satu lagi telah mendapatkan peringatan yang akhirnya saya pun menghapus blog saya yang sedang mendapatkan warning tersebut untuk keamanan. Sedangkan blog yang anda baca ini sudah dua kali dapat peringatan dan gak tahu apa sebenarnya kesalahan yang saya perbuat. Kalau menurut uncle google dila bilang saya memberikan insentif klik , apa itu karena saya banyak membagikan produk gratisan di blog ini? Gak tahu juga. Padahal saya sudah berusaha menghapus tulisan-tulisan yang berisi membagikan produk2 gratis untuk didownload di blog ini yang saya curuigai sebagai biangkeladi iklan adsense saya di warning! Tapi tetap saja google bilang masalahnya belum dipecahkan. Ah pusing gue! Akhirnya saya membuang scipt adsense di blog ini untuk menyelamatkan akun adsene saya yang sudah berumur 4 tahun itu.

Kini tinggal 1 saja blog saya yang tersisa, dan mendapatkan earning adsense rata-rata satu bulan kurang dari 1 dolar (????) he he. Akhirnya saya telantarin aja semua sekalian.

Tapi semua ada hikmahnya, earning yang saya dapatkan sejumlah itu bukan dari blog semua, sebagian besar saya peroleh dari Youtube adsense , dan terutama sejak awal 2015 ini setelah saya mecoba lebih fokus pada video youtube adsense baru saya berhasil mendapat earning yang meningkat dan terus meningkat. dari satu channel kini sudah ada yang earningnya mencapai $ 30 dolar satu bulan. berati kalau saya punya 10 chennel mungkin akan mendapatkan 300 $ sebulan, kalau 100 cahnnal dapat 3000 $ sebulan, dan ini lebih gampang didapati dari pada beternak blog.

Jadi begitulah bro dan sis, Kalau mau dapat duit dari adsense harus bersabar dan telaten. Gak mungkin langsung dapat earning gede , step by step dan harus dirawat tanaman adsensenya dengan siraman konten yang unik dan pupuk backlink yang berkualitas, he he. kalau gak telaten nulis bisa cari alternatif bermain adsene dengan yutube, tinggal buat video yang bagus dan menarik, atau cari video2 yang unik kamudian upload di yutub channel anda dan monitise.


Tuesday, April 15, 2014

Daku Gratiskan Untukmu Kumpulan Motivasi Bisnis dari Suhu Motivator Mario Teguh

Hai sahabat blog: www.mendapatkanuang-diinternet.blogspot.com, yang selalu setia berkunjung dan tidak pernah bosen membaca dan mengeruk manfaat dari artikel di blog ini. Atas kesetiaanmu itu daku hadiahkan kumpulan motivasi bisnis dari motivator ternama Golden Way. Siapa lagi kalau bukan Mario Teguh.

Meski daku saat ini lagi males nulis panjang lebar tentang tip-tip bisnis online, sebagai konpensasinya daku hadiahkan untukmu kumpulan motivasi bisnis yang sangat bernilai ini untuk memompakan darah segar di urat-urat saraf kita yang mungkin saat ini sudah mulai melemah karena ion-ion positifnya telah meredup.

Apa saja motivasi yang daku akan bagikan kepada sahabat-sahabatqu pengunjung setia blog ini? Nah ini dia:
Mario Teguh Business Art | An Organization Talented for Success
Mario Teguh Business Art | Becoming Bigger Than Your Self
Mario Teguh Business Art | Crouching Neglects Hidden Mistakes
Mario Teguh Business Art | Crisis Is The Best Reason For Change
Mario Teguh Business Art | I Want To Break Free
Mario Teguh Business Art | Money Making Qualities
Mario Teguh Business Art | Rekindling The Fire Within
Mario Teguh Business Art | Toughts on Balance
Mario Teguh Business Art | The World Is Not Fair

Walaupun judul-judulnya terdiri dari bahasa Jawa (?) eh bukan ... maksudnya bahasa Inggris, namun isinya ternyata berbahasa Indonesia. Jadi jangan ciut dulu bagi yang gak ngerti bahasa Inggris. Dan sahabatqu tidak perlu mendownload semuanya satu-satu kerena sudah daku zip filnya sehingga bisa didownload sekaligus dengan mengklik DI SINI

Tapi jangan kecewa, kalau anda tidak langsung bisa mendownloadnya. Setelah mengklik kata DI SINI, harap sabar menunggu untuk mencek email sahabat bosok harinya untuk mendapatkan kiriman link akses permision. he he... Thank so much.
 

Sunday, April 6, 2014

Apakah Aktifitas nge-Blog itu Masih Relevan?


    Kegitaaan blogging (ngeblog) sebelum adanya sosical network (jejaring social) seperti facebok, twitter, Goggle +, Youtube dll, memang merupakan andalan satu-satunya untuk mengekpesikan idea, menyebarkan informasi, menujual barang , dll. Namaun setelah adanya media social tersbut aktifitas blogging mulai tergeser karena beberapa alasan, di anaranya:

  1. Blogging perlu focus dan sedikit menguras tenaga untuk menuangkan ide dan meramu Informasi ke dalam sebuah tulisan yang unik (bukan merupakan konten kopian dari blog lain)
  2. Perubahan alogaritma google yang menerapkan standar kontens yang berkualitas dan lebih kompleks agar blog kita terindeks dan mendapatkan pengunjung melalui search engine terbesar ini. 
  3. Sementara itu tidak semua orang bakat menulis, apalagi untuk menulis dengan Bahasa yang menarik dan kontens yang berkualitas
  4. Agar blog/ website dapat pengunjung, perlu diterapkan di dalam blog dan tulisan kita teknik SEO baik yang off page dan on page, dimana hal ini terbilang cukup rumit bagi semenetara orang dan memerlukan ketelatenan. Ini perlu agar blog kita masuk di dalam first page google.
          Itulah beberapa alasan yang mungkin membuat  sebagian orang mulai meninggalkan aktifitas blogging, kecuali mereka yang memiliki passion dan menjadikan blog sebagai sumber penghasilan mereka .
      Bagi kebanyakan orang, dari anak-anak , ibu-ibu dan orang telah berusia sekalipun , lebih memlilih jejaring social seperti face book, twitter, wathsApp, Youtube sebagai alternaif berekpesssi di dunia maya. Karena melalui media media ini mereka bisa mengekspresikan dir dan berstatus ria i hanya dengan kalimat pendek, narsis dengan memajang photo keren di facebook atau mengupload viodeo yang ditangkap smartphonnye ke Youtube untuk sekedar narsis atau ingin ngetop.
       Namun demikian, ini tidak berarti masyarakat sudah tidak lagi bersentuhan dengan apa yang namanya blog. Masih banyak yang masih setia mencari informasi yang berkualitas atau bahkan yang sekedar selingan dan hiburan dengan mengunjungi blog/ website. Ini lantaran info yang didapat dan disebar lewat jejaring social biasanya sangat pendek dan kebanyakan bersifat  intermezzo dan selingan. Sementara jika memerlukan informasi yang lebih lengkap dan memuaskan serta berkualitas mereka akan mengetkikkan kata kunci di google dan menemukan informasi yang mereka cari itu pada blog atau website-website.  Nah  karena itulah google menerapkan standar alogaritma yang ketat, sebab rupanya robotnya tahu mana artikel yang berkualitas dan bukan hasil copy paste.  
      Begitu pula dengan aktifitas mencari uang lewat blog, baik dengan adsense, affiliate maupun jualan produk. Blog dapat dijadikan sarana menyampaikan informasi, diskripsi dan ulasan yang memuaskan bagi pengunjung agar tertarik untuk mebeli produk tersebut atau terdorong mengklik iklan yang dipajang di blog.

Monday, March 31, 2014

Janji Syurga Para Immer’s



Apakah gerangan yang kau maksudkan dengan kata mutiara nan indah itu bro?!
Ketika saya menulis postingan ini, spontan saya ingat bait sebuah lagu ciptaan capres indonseia dari PKB,  siapa lagi kalau bulan Bang Haji Rhoma Irama atau yang akrab dipanggil Bang Haji, atau Rhoma. Lagu tersebut dilantunkan oleh Rita Sugiarto dan kerap kali saya dengan di radio-radio sejak pagi hingga malam hari ketika saya berada di kampong halaman duluuuuu semasa saya masih bocah.
Akhirnya saya pun menjadi ngefans sama Bang Haji hingga saat ini dan masih menikmati lagu-lagunya yang inovatif, inspiratif dan kreatif. Masya Allah, talent beliau ini ternyata membawanya sebagai seorang Raja dan memiliki fans di seantero Indonesia, bahkan sudah mendunia. (Yang gak suka jangan keki ya?). Karena popularitasnya yang tak pernah lapuk oleh waktu dan tak lekang oleh masa (yeaah…. Asyik banget kata-katanya) itu pula yang membuatnya dipinang oleh PKB sebagai wapres, meski belum tentu jadi.
Apa lagunan indah yang dikau maksudkan tu mas Bro?
Tak lain dan tak bukan, ini dia:
“Syurga yang engkau janjikan….neraka yang kau berikan….
Manis yang aku harapkan…. Pahit yang aku rasakan….
Manisnya janjimu padaku tak semanisnya madu…
(lanjutin aja sendiri ya…)

Koq jadi bahas lagu ya. Biasalah sedikit intro biar gak stress.
Relefansinya judul postingan di atas dengan lagu lantunan Ritha Sugiarto itu apa ya?
Begini. Banyak sekali produk Immer’s ( Maksudnya Internet Marketer) yang menjanjikan hasil-hasil yang fantastis dan kemudahan-kemudahan dalam menjalankan usaha mencari uang di intertent melalui sales letter yang membuai new comer dengan kata-kata manis, lalu disertai bukti-bukti screen shot penghasilan yang ribuan bahkan puluhan ribu dollar, atau dalam rupiah berjumlah jutaan bahkan puluhan hingga ratusan juta , ada juga testimoni-testimoni, yaitu agar calon konsumen terterik untuk membeli produk tersebut. Tapi apa yang terjadi setelah mereka membeli. Banyak yang kecewa, Karen teori yang diberikan tak  kunjung mendatangkan hasil meski sudah berbulan-bulan dipraktekkan. Coba saja sales latternya tidak menjanjikan kemudahan dan berkata jujur, bahwa proses mencari uang di internet itu perlu effort, usaha, menyediakan waktu dan tenaga, konsentrasi dan focus, terus dan terus mengembangkan ide dan kreatifitas untuk mendatangkan traffic atau pengunjung , membangun blog sehigga mendapatkan kepercayaan lalu pengunjung dengan suka rela dan tidak khawatir melakukan closing? Tetapi jika seperti ini bunyi sales laternya, mungkin tidak ada yang akan membeli produk tersebut.
Ingat Immers adalah pedagang. Dan pedagang yang jujur dan amanah itu , menurut hadits Nabi SAW bersama para nabi, orang-orang yang benar dalam menjalankan imannya, orang-orang yang mati syahid serta orang-orang yang shaleh di dalam syurga kelak.
Untuk para pencari uang di internet, teliti sebelum membeli. Dan berfikir realistislah bahwa tidak ada yang bisa dicapai dengan sangat mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tapi semua perlu kerja keras, usaha, waktu, tenaga, investasi, seperti layaknnya usaha mencari uang di dunia offline.  Ini perlu tertanam di dalam fikiran anda, supaya tidak terkena sindiran lagu ciptaan Rhoma Irama di atas.
Selamat Berjuang untuk para pemburu uang di internet!

Saturday, February 8, 2014

GRATIS DOWNLOAD BUKU BEST SELLER: 7 KEAJAIBAN REZEKI



           7 Keajaiban rezki adalah buku terlaris karya Ippo Santoso, seorang motivator dan bisnisman muda yang sukses di bidangnya.
       Di dalam buku ini diungkap cara-cara agar rezki bertambah, nasib berubah dalam 99 hari dengan memanfaatkan otak kanan, bukan otak kiri. Buku ini merupakan rangkuman hasil pengalaman penulis sendiri yang membuktikan bahwa cara-cara otak kanan itu terbukti bisa mendatangkan perubahan tingkat kesejahteraan dan nasib. Dan selain pada diri penulis, langkah-langkah dalam buku ini juga terbukti telah merubah hidup banyak orang.
     Dengan pendekatan otak kanan, menurut penulisnya, percepatan-percepatan, lompata-lompatan keberhasilan dapat dicapai.
cara mendapat rezki, cara mendapat jodoh, cara cepat meraih sukses
7 keajaiban rezki
         Ada 5 lingkaran yang menjadi landasan kesuksesan sesorang dalam meraih percepatan rezki, jodoh, usaha atau apa pun yang dicita-citakannya. Yaitu: Lingkar diri, lingkar keluarga, lingkar sesama, lingkat semesta dan lingkar Pencipta. Namun 3 lingkar pertama, menurut penulis, adalah jalan mencapat Lingkar Semesta dan Lingkar Pencipta.
   Banyak istilah-istilah inofativ yang dimunculkan penulis dalam buku ini dengan bahasa penyajian yang menggugah dan enak dibaca. Termasuk juga butir-butir pedekatan mencapai percepetan dan lompatan-lompatan kesuksesan ini jarang bahkan tidak pernah diungkap secara sistimatis.
          Apa anda mau mempecepat capaian rezki, perubahan nasib, meraih jodoh dan cita-cita anda?. Dowanload buku ini DI SINI
           Apabila anda merasa buku ini berguna sebagai reference, saya anjurkan untuk membeli buku edisi cetak di toko buku Gramedia atau agen-egennya.

Thursday, January 16, 2014

Pilih Mana Affiliate Bisnis atau MLM?


                 Kalau anda ditanya, pilih mana Antara bisnis online affiliate atau MLM? Jawabnya jangan buru-buru. Renungkan sedikit, baru dijawab. Tapi ngomong-ngomong apa sih bisnis online affiliate (afiliasi) dan apa pula yang disebut MLM?
             Sebenarnya bisnis affiliate dan MLM  ada kemiripan. Yaitu sama-sama dapat komisi dari hasil penjualan produk yang jumlahnya sesuai prosentasi yang ditetapkan. Bedanya, yang affiliate murni, ialah dapat komisinya cuma sekali. Sedangkan untuk MLM (Multilevel Marketing) dapat komisinya berkali-kali, yaitu komisi langsung dari member yang berhasil direkrut dan membeli produk ditambah lagi komisi dari downline yang membentuk duplikasi hingga ke dalaman tertentu.
          Kalau ditanya, besar mana pendapatan yang diperoleh dari affiliate atau dari MLM? Logikanya, tentu akan lebih besar pendapatan yang diperoleh dari MLM, karena di sini ada duplikasi. Sedangkan di bisnis online tidak ada, cuma faktor tambah, dan di bisnis MLM ada factor kali.
                 Kalau ditanya : Apa pilihan anda? Apa bisnis affiliate atau MLM?
                Sampai di sini: Mungkin anda akan mengernyutkan dahi, mikir dulu agak lama. Mengapa? Ya bingung gitu. Kalau dilihat dari gengsi, mungkin pilih affiliate. Tapi kalau dilihat dari hasil yang akan diperoleh, mungkin pilih MLM.
             Kenapa begitu ya? Karena kalau diperlihatkan oleh affilates marketer bahwa ia berhasil mendapatkan ribuan dolar per bulan dari bisnis affiliate, anda akan kagum dan berdecak decak seperti cicak (makaaf bercanda) bergumam mengatakan: Wah ini pasti mastah yang jago bisnis online. Tapi mengenai MLM,  terlalu banyak orang yang memandang dengan sebelah mata dan mencibir.
                Kenapa begitu ya? Karena banyak orang yang gagal dalam bisnis MLM karena tidak bisa merekrut member, walaupun hanya dua orang: satu kanan dan satu kiri. Dengan demikian ia pun gagal mendapatkan penghasilan dari bisnis MLM. Padahal untuk mendapatkan dua orang saja sih gak sulit-sulit amat, cuma males. Dan kalau dipikir-pikir, untuk menjadi affiliate yang sukses anda harus berhasil menjual banyak produk supaya dapat komisi yang banyak. Tapi di MLM, gak harus banyak, tapi akan menjadi banyak melalui duplikasi penjualan lewat jaringan yang bisa direkrut, sehingga komisinya pun akan berlipat ganda.
                Ok, setelah ngalor ngidul, bicara muter muter, inti yang mau disampaikan apa sih?
            Saya ingin menyampaikan bahwa MLM itu sebenarnya bisnis yang luar biasa. Dia bukan scam, tetapi ia adalah model bisnis yang modal kecil untuk memulainya dan hanya mengandalkan sedikit skill untuk merekrut member agar terbentuk duplikasi yang akan menggandakan penjualan anda agar memperoleh komisi berkali-kali, bahkan bisa menjadi pasif income. Inilah model bisnis yang membuat uang bekerja untuk anda, bukan anda yang akan bekerja untuk uang.
                Beda Antara MLM dan Scam itu apa? Arti scam itu sebenarnya adalah skema. Yaitu skema matrik berjenjang dan melebar yang memanfaatkan factor kali untuk menggandakan uang tanpa ada produk atau jasa yang dijual. Bisa juga disebut money game. Ini dilarang di dunia Barat  karena komisi yang didapat hanya dari iuran anggota yang menjadi rantai dalam system skema viramida. Sedangkan di MLM, ada produk yang dijual belikan dan dimanfaatkan sebagai kompensasi dari uang yang anda belanjakan. Sedangkan skema jaringan dimanfaatkan untuk menggandakan penghasilan. Apakan ada yang dirugikan di MLM? Saya rasa tidak, karena member yang terakhir pun mengeluarkan uang tidak sia-sia, ada produk yang ia dapatkan da nada hak usaha yang ia peroleh.
              Bila anda saat ini aktif di dunia blogging dan bisnis online, kini sudah banyak bisnis MLM yang dijalankan dengan sistim online: Seperti Abe, VSI, dan yang Internasional adalah SFI.
 So, pertimbangkan bisnis apa yang akan anda pilih untuk fokus setelah anda tahu untung ruginya dan sistimnya . Jika sistimnya memungkinkan anda untuk melaju cepat, why not?